LATAR BELAKANG

Kementrian Kesehatan (Kemenkes) mendorong pengembangan obat tradisional. Melalui program saintifikasi jamu diyakini bisa disandingkan dengan pengobatan konvensional. Obat tradisonal adalah obat yang berasal dari seluruh atau sebagian dari tumbuh-tumbuhan tanpa adanya campuran kimia buatan (sintetis).

Untuk menghasilkan obat tradisional yang sesuai standar maka diperlukan adanya produksi dengan teknologi maju dan ditunjang dengan pembuktian ilmiah berupa penelitian-penelitian pre-klinik seperti standar kandungan bahan berkhasiat, standar pembuatan ekstrak tanaman obat, standar pembuatan obat tradisional yang higienis dan uji toksisitas akut maupun kronis.

Kota Pekalongan dipilih oleh Kementrian Kesehatan sebagai salah satu dari tiga daerah pusat pengolahan tanaman obat pada tahun 2012. Dua daerah lainnya yang terpilih yaitu Provinsi Sumatera Utara dan Kalimantan Selatan. Karena hal tersebut, Dinas Kesehatan Kota Pekalongan mendirikan Pusat Pengolahan Pasca Panen Tanaman Obat (P4TO). P4TO adalah suatu tempat perlakuan yang diberikan pada hasil panen tanaman obat hingga produk siap di konsumsi atau menjadi suatu simplisia sebagai bahan baku tanaman obat. P4TO diresmikan pada tanggal 2 Oktober 2013 oleh Dirjen Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes RI.

Pada Tahun 2013, Dinas Kesehatan membangun Pusat Ekstraksi Daerah (PED) sebagai sub unit yang merupakan bagian dari P4TO sehingga namanya menjadi P4TO dan PED. Kemudian dibangun lagi sub unit lain yang setara P4TO dan PED yaitu sub unit Klinik Saintifikasi Jamu dan sub unit Laboratorium Saintifikasi Jamu. Sehingga pada 23 Februari tahun 2015, Walikota Kota Pekalongan mengeluarkan Peraturan Walikota nomor 10 Tahun 2015 yang berisi Pusat Saintifikasi dan Pengolahan Jamu (PSPJ) sebagai unit kerja pada Dinas Kesehatan yang terdiri dari 3 sub unit tersebut.

PSPJ terletak di Jalan Letjen Suprapto Kelurahan Kuripan Kertoharjo Kecamatan Pekalongan Selatan Kota Pekalongan. Karena PSPJ terletak di perbatasan Kota Pekalongan dengan Kabupaten Pekalongan, pengunjung yang datang tidak hanya dari Kota Pekalongan. Pengunjung yang datang berasal dari Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Batang, Kabupaten Pemalang, Tegal, dan sekitarnya.

PSPJ sebagai salah satu sarana kesehatan yang memberikan layanan kepada masyarakat dengan menggunakan obat-obatan tradisonal atau jamu. Pelayanan yang diberikan berupa kegiatan preventif, promotif, dan kuratif berupa penyuluhan obat herbal, pelayanan klinik dengan pemeriksaan penunjang lainnya dan pemberian jamu.